Senin, 29 November 2010

PROSES PEMBELIAN

PROSES PEMBELIAN

Proses pembelian terjadi karena adanya keinginan atau kebutuhan akan hal tersebut . Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelian . Diantaranya berdasarkan pengalaman , kebudayaan , sikap dan kepercayaan , kelas sosial , konsep diri , kelompok referensi kecil dan keluarga .Untuk mengetahui dengan jelas bagaimana proses pembelian , saya sudah melakukan survey kecil untuk proses pembelian . Pada hal ini saya mengamati pola tingkah orang tua saya pada saat akan membeli kendaraan motor .
Yang pertama harus dilakukan untuk mengetahui proses pembelian yaitu kita harus menganalisa keinginan dan kebutuhan akan hal tersebut . Dalam hal ini sangat menganalisa orang tua saya yang ingin membeli kendaraan motor untuk saya . Alasan mengapa mereka membeli kendaraan motor karena dengan membeli kendaraan motor dapat mengurangi pengeluaran perharinya . Dengan menggunakan motor maka dapat menghemat uang dan juga waktu . Dan juga dengan menggunakan motor , penggunaan waktu menjadi  lebih efisien . Dan pada saat ini memang kendaraan motor bukan hanya keinginan tapi sudah menjadi kebutuhan bagi keluarga saya .
Yang kedua yaitu menilai beberapa sumber . Pada saat ini banyak sekali promosi akan kendaraan motor dengan kelebihannya masing-masing dan juga cara pembayarannya . Banyak sekali promosi yang dilakukan baik melalui stand-stand yang ada di tempat perbelanjaan ataupun langsung di tempat workshopnya  . Sebelum membeli kendaraan motor tersebut orang tua saya sudah melakukan perbandingan kelebihan antara kendaraan motor yang bermerk satu dengan yang lainnya , harganya yang pas sesuai dengan budget yang dipersiapkan , dan juga bagaimana cara pembayarannya hingga lunas .
Yang ketiga menetapkan tujuan pembelian . Dalam hal ini orang tua saya membeli kendaraan motor tujuannya adalah menghemat uang dan waktu . Menurut orang tua saya dengan membeli kendaraan motor semua bisa menjadi lebih praktis daripada harus naik kendaraan umum , yang membuat pengeluaran lebih besar dan waktu jadi tidak lebih efisien .
Yang keempat yaitu mengidentifikasi alternative pembelian . Pada hal ini mengapa harus dilakukan identifikasi alternative pembelian karena terkadang apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan jadi harus ada alternative pembelian .
Yang kelima yaitu mengambil keputusan untuk membeli . Sesudah orang tua saya menganalisa dan mempertimbangkan dengan semua hasil survey sebelum membeli kendaraan motor , maka orang tua saya mengambil keputusan untuk membeli kendaraan motor tersebut . Orang tua saya mengambil keputusan tersebut karena mereka merasa sudah merasa yakin dengan keputusannya .
Yang keenam yaitu perilaku sesudah membeli barang tersebut . Yang pastinya orang tua saya akan merasa puas karena kebutuhannya sudah terpenuhi . Agar barang tersebut dapat berfungsi sesuai dengan yang orang tua saya harapkan maka akan dilakukan perawatan yang baik dan benar terhadap kendaraan motor tersebut .
Ini adalah salah satu contoh bagaimana proses pembelian itu dapat terjadi . Jadi suatu proses pembelian akan terjadi jika adanya keinginan atau kebutuhan , daya beli dan kemauan untuk membelinya dari pihak yang bersangkutan .

Tidak ada komentar: