Jumat, 19 November 2010

PERILAKU PASAR


PERILAKU PASAR
Perilaku pasar adalah suatu kegiatan atau kebiasaan pasar yang meliputi tindakan penilaian , keyakinan , usaha memperoleh , pola penggunaan , maupun penolakan suatu produk tertentu selama periode waktu tertentu .
Profil dan perilaku pasar tidak semalanya konstan . Pasti akan mengalami perubahan . Dalam memahami profil dan perilaku pasar akan dijelaskan melalui 3 tahap di bawah . Dan saya mengambil contoh dari perilaku saya sebagai pasar .
1.     INFORMASI STATISTIK
Informasi statistic  digunakan untuk membantu menjawab apa , siapa , berapa , kapan dan dimana produk tersebut didapat  . Melalui pertanyaan-pertanyaan itu maka akan terjawab sebagai berikut  produk yang dibeli adalah susu Dancow Coklat sachet . Yang membelinya adalah saya dengan harga Rp 22.500,- per sachet . Saya membelinya di agen sembako . Susu ini dibeli setiap seminggu sekali karena produk ini sudah menjadi kebutuhan pangan saya .
2.    INFORMASI PSIKOLOJIK
Informasi psikolijik digunakan untuk menjelaskan mengapa seseorang membeli maupun menolak suatu produk . Saya membeli produk ini karena sudah menjadi habit di keluarga saya sejak saya kecil . Atau bisa dibilang susu ini sudah menjadi kepercayaan orang tua saya sejak saya kecil minum susu . Tapi kalau menurut saya pribadi , bukan hanya karena dari kebiasaan orang tua . Saya merasa bahwa produk susu ini mempunyai rasa yang lebih enak dibandingkan dengan produk susu yang lain . Dalam produk susu Dancow ini juga diperkaya dengan vitamin A, D, C, B1, B2, Niasin , asam folat , biotin , besi , kalsium , protein dan zink untuk mendukung gizi . Dibandingkan produk susu yang lain , Dancow mempunyai sangat lengkap kandungan gizinya .

3.    INFORMASI DINAMIK
Informasi dinamik digunakan untuk menjelaskan bagaimana proses pembelian terjadi . Saya membeli produk susu Dancow ini karena saya membutuhkannya sebagai bahan pangan saya . Saya akan membelinya ketika produk susu ini sudah habis persediaanya di rumah saya . Dan situasi ini menjadi suatu rutinitas saya selama seminggu sekali untuk membelinya .
            Seiring berjalannya waktu pasti akan ada perubahan dalam perilaku pasar ini dalam jangka waktu sekarang ataupun yang akan datang . hal ini dikarenakan adanya perbedaan kebutuhan di masa sekarang dengan yang akan datang . Mungkin saja nantinya akan ada produk susu yang mempunyai kelebihan dibandingkan dengan produk susu Dancow sehingga saya mungkin bisa berpaling ke produk susu lain . Atau mungkin juga produk susu Dancow mengeluarkan produknya yang lebih baik lagi dari produk sebelumnya .
            Jadi , perilaku pasar pada intinya adalah tidak bersifat konstan karena dapat berubah dengan seiring berjalannya waktu dan pasar itu sendiri .

RESENSI :
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pemasaran/Bab_3.pdf

Tidak ada komentar: